• Sabtu, 24/10/2020

HAKIM PENGADILAN AGAMA JAYAPURA MENGIKUTI KEGIATAN WEBINAR NASIONAL PP IKAHI & KEMENPPPA


jayapura.go.id. Hari Jumat, tanggal 16 Oktober 2020 bertempat di ruang kerja,  hakim-hakim PA Jayapura mengikuti kegiatan webinar dalam peningkatan kapasitas SDM bagi lembaga profesi-Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan  Anak (KemenPPPA) bersama Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI).

Webinar yang mengambil tema “Peran hakim dalam pemenuhan hak perempuan dan anak di persidangan” menampilkan narasumber yang kompeten di bidangnya, masing-masing :

  1. H. Purwosusilo, S.H., M.H (Hakim Agung) menyampaikan materi berjudul Peran Hakim melindungi anak dalam perkara Dispensasi  kawin.
  2. H. Ridwan mansyur, S.H., M.H. (Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Semarang-Sekretaris Umum PP IKAHI) menyampaikan materi berjudul Peran Hakim dalam melindungi perempuan dan anak dalam perkara pidana.
  3. Abdurrahman Rahim, S.H., M.H. (Sekretaris I PP IKAHI-Wakil Ketua Umum Prosapena) menyampaikan materi berjudul Perempuan yang berhadapan dengan hukum di pengadilan (Konteks Perma No. 3 Tahun 2017).
  4. Reni Kusumowardani, M.Psi-Keua Umum Pengurus Pusat Asosiasi Psikologi Forensik Indonesia (PP APSIFOR) menyampaikan materi berjudul Aspek-aspek psikologis perempuan dan anak dalam persidangan.

Perempuan yang berhadapan dengan hukum adalah perempuan yang berkonflik dengan hukum, perempuan sebagai korban, perempuan sebagai saksi atau perempuan sebagai pihak. Dengan demikian ketika mengadili perkara berhadapan dengan hukum hakim harus memahami danmenerapkan asas penghargaan atas harkat dan martabat sebagai manusia, non diskriminasi, kesetaraan gender, peramaan di depan hukum, keadilan, kemanfaatan dan kepastian hukum.

Webinar diakhiri dengan sesi tanya jawab terhadap pertanyaan-pertanyaan yang dilakukan oleh peserta kepada para Nara Sumber.

Share HAKIM PENGADILAN AGAMA JAYAPURA MENGIKUTI KEGIATAN WEBINAR NASIONAL PP IKAHI & KEMENPPPA via
©2017 - 2021 pa-jayapura.go.id, All Rights Reserved