• Minggu, 22/09/2019

Kunjungan Kerja Wakil Ketua dan Tim Pengawas Bidang Pengadilan Tinggi Agama Jayapura


Pengadilan Agama Jayapura Kelas IB, sebagai rujukan atau sebagai etalase di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Jayapura. Oleh karena itu perhatian untuk memperbaiki hal-hal yang dianggap masih harus dilakukan perbaikan dan pembinaan salah satunya adalah di bidang kepaniteraan kaitannya dengan SIPP. Dalam kunjungan diterima di ruang wakil ketua, sekaligus membahas permasalahan perkara yang menjadi sorotan Dirjen dimana SIPP Pengadilan Agama Jayapura masih berada di zona kuning, ini akibat penanganan perkara di Pengadilan Agama Jayapura masih dianggap masih lemah.

Kemudian dalam pertemuan tersebut, Hakim Tinggi minta 5 (lima) berkas perkara dan dipelajari di ruang ketua untuk mencari penyebab terjadinya keterlambatan memasukkan perkara pada SIPP. Oleh karena itu perkara dan SIPP menjadi perhatian serius dari Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura di ruang wakil ketua, dilanjutkan pertemuan di ruang sidang yang dihadiri Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama, Hakim Tinggi dan Panitera Pengadilan Tinggi Agama Jayapura serta seluruh hakim dan seluruh pejabat fungsional dalam rangka untuk membahas SIPP dan perkara, juga untuk mendengar apa saja yang menjadi kendala dalam penginputan perkara dalam SIPP, karena dari sekian ratus Pengadilan Agama masih ada 30 Pengadilan Agama yang berada pada zona neraka kata Ibu Wakil Ketua Pengadilan Agama Jayapura.

Meskipun demikian, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura, mengarahkan agar supaya para hakim banyak pelajari hukum acara, sehingga penanganan penyelesaian perkara dengan cepat dan selesai. Selanjutnya dimasukkan ke dalam SIPP. Sebagai penutup ditegaskan oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura, SIPP pada zona kuning diberikan waktu oleh Bapak Dirjen selama 1 (satu) bulan harus sudah berada pada zona hijau.

Kemudian hasil rapat atau pertemuan dirangkum oleh ibu Wakil Ketua Pengadilan Agama Jayapura, yaitu :

  1. Pengadilan Agama Jayapura harus bangkit bergandeng tangan untuk menghijaukan SIPP.
  2. Perkara-perkara yang sudah putus segera ke SIPP.
  3. Seluruh pejabat kepaniteraan agar saling bantu agar supaya menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu.

Dan tepat pukul 17.00 WIT pertemuan ditutup oleh Ibu Wakil Ketua Pengadilan Agama Jayapura. Selanjutnya Bapak Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura dan tim meninggalkan Pengadilan Agama Jayapura. (f4dhly)

Share Kunjungan Kerja Wakil Ketua dan Tim Pengawas Bidang Pengadilan Tinggi Agama Jayapura via
©2017 - 2020 pa-jayapura.go.id, All Rights Reserved