• Sabtu, 24/10/2020

Pembinaan Teknis Dan Administrasi Yudisial oleh Pimpinan Mahkamah Agung Secara Virtual


Jayapura – TI : Pengadilan Agama Jayapura mengikuti Pembinaan Bidang Teknis dan Administrasi Yudisial oleh Pimpinan Mahkamah Agung secara Virtual. Pembinaan kali ini diselenggarakan untuk para Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera dan Sekretaris pada pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama untuk empat Lingkungan Peradilan Seluruh Indonesia yang dipusatkan di Kota Yogyakarta pada tanggal 12 s.d.13 Oktober 2020. Kegiatan yang berlangsung secara virtual pada ruang kerja Ketua ini, diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera dan Sekretaris PA Jayapura.

Pelaksanaan dimulai dengan sambutan dari Ketua Mahkamah Agung (KMA) Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H, M.H dengan penyampaian yang pada pokoknya, berdasarkan data website informasi Covid-19 Mahkamah Agung Republik Indonesia, jumlah aparatur peradilan yang dinyatakan positif Covid-19 sebanyak 481 orang. Dengan jumlah angka positif COVID-19 di lingkungan warga peradilan tersebut, KMA mengingatkan kepada seluruh warga peradilan untuk terus mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Dalam sambutanya KMA mengutarakan bahwa sebagai bentuk menghadapi pandemi ini, Mahkamah Agung telah menerbitkan Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2020 beserta perubahannya, Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 9 Tahun 2020  sebagai perubahan dari Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 8 Tahun 2020 serta Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 8 Tahun 2020. Upaya tersebut berupa penyesuaian pilihan dan jam kerja melalui work from office (WFO) dan work from home (WFH), penyesuaian alokasi anggaran, bahkan melakukan penyesuaian dan terobosan dalam hukum acara. Sebelum menutup beliau berpesan kepada seluruh warga peradilan untuk menaati protokol kesehatan dengan secara disiplin menerapkan 3 M yaitu: Mencuci Tangan, Menggunakan Masker dan Menjaga Jarak, serta menyesuaikan diri dengan adaptasi kebiasaan baru.

Acara dilanjutkan dengan, pembinaan virtual yang disampaikan dari Ruang Konsultan 3 Lt. 2, Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial bapak Sunarto DR. H. Sunarto, SH., MH., menyampaikan materi yang berkaitan dengan 8 Nilai utama badan peradilan yang poinnya diambil Cetak Biru Pembaruan Peradilan Tahun 2010-2035.

Lebih lanjut, penyampaian oleh para Ketua Kamar antara lain TUAKA Agama oleh Bapak Dr. Amran Suadi, S.H., M.H., M.M., dilanjutkan TUAKA Pidana Dr. Suhadi, SH.,M.H. dan para Ketua kamar. Dalam kesempatan tersebut, juga adanya penyampaian dari PUSLITBANG DIKLAT KUMDIL yang disampaikan oleh Dr. Zarof Ricar, S.H., S.Sos M.Hum selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan & Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan.

Kegiatan ini berlangsung cukup padat dimulai pukul 09.00 WIB dan berkahir pada jam 20:00 WIB yang bertepatan dengan 22:00 WIT. (TI)

Share Pembinaan Teknis Dan Administrasi Yudisial oleh Pimpinan Mahkamah Agung Secara Virtual via
©2017 - 2021 pa-jayapura.go.id, All Rights Reserved