• Kamis, 17/10/2019

PENGADILAN AGAMA JAYAPURA MENGADAKAN SOSIALISASI E-COURT (THE ELECTRONIC JUSTICE SYSTEM) BAGI PARA ADVOKAT


Kamis, 25 Juli 2019, pukul 09.00 WIT bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Jayapura telah berlangsung kegiatan sosialisasi E-Court atau Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik.

Sosialisasi  di buka oleh Waka PA Jayapura, Dra. Farida Hanim, M.H. Kegiatan tersebut dihadiri oleh para Hakim, Panitera, Sekretaris, Para Panitera Muda,  Panitera Pengganti Pengadilan Agama Jayapura serta 20 Advokat yang berada wilayah Kota Jayapura. 

Dalam pembukaan Wakil Ketua PA Jayapura menyatakan bahwa Ketua Mahkamah Agung dalam laporan tahunan bulan Februari 2019, menyampaikan saat ini Peradilan telah memasuki era baru peradilan modern berbasis IT. Dan salah satunya adalah e-Court dengan payung hukum Perma Nomor 3 Tahun 2018, yang merupakan instrumen pengadilan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat dalam hal  e-Filling (pendaftaran perkara secara on line), e-Payment (pembayaran panjar secara on line), dan e-Summons (pemanggilan pihak secara elektronik), hal ini bertujuan untuk mengatasi segala hambatan dan rintangan demi tercapainya azas peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Drs. H. Damsir, S.H., M.H., Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Jayapura, dibantu oleh Panitera Muda Gugatan Sdr. Ulfanti Laylan, S.HI.

Dalam sambutannya, Waka PA Jayapura juga menyampaikan E-Court merupakan jawaban dari tuntutan pencari keadilan dan perkembangan zaman yang mengharuskan pelayanan administrasi perkara di pengadilan berbasis IT, meski demikian tidak menghapus atau menganulir norma yang berlaku tetapi menambah/menyempurnakannya.

Dalam akhir sambutannya, Waka PA PA Jayapura menyampaikan bahwa keuntungan menggunakan E-Court adalah :

  1. Menghemat waktu dan biaya dalam proses pendaftaran perkara.
  2. Pembayaran biaya panjar dapat dilakukan dalam saluran multi chanel atau dari berbagai metode pembayaran dan bank.
  3. Dokumen terarsip secara baik dan dapat diakses dari berbagai lokasi dan media.
  4. Proses Temu Kembali Data yang lebih cepat.

Semoga dengan aplikasi ini e-court  para pencari keadilan di wilayah hukum Pengadilan Agama Jayapura  mendapatkan pelayanan yang maksimal dan lebih baik lagi dalam rangka mewujudkan mekanisme kinerja yang  prima dan bertanggung jawab.

Share PENGADILAN AGAMA JAYAPURA MENGADAKAN SOSIALISASI E-COURT (THE ELECTRONIC JUSTICE SYSTEM) BAGI PARA ADVOKAT via
©2017 - 2020 pa-jayapura.go.id, All Rights Reserved