• Senin, 22/07/2019

Rapat Evaluasi Kinerja Pengadilan Agama Jayapura Tahun 2019


pa-jayapura.go.id – Senin, 24 Juni 2019 bertempat diruang sidang utama Pengadilan Agama Jayapura Kelas IB dilaksanakan rapat evaluasi kinerja semester I (pertama). Rapat untuk pertama kalinya dipimpin oleh Ibu Wakil Ketua Pengadilan Agama Jayapura Dra. Farida Hanim, M.H., setelah dilantik pada tanggal 19 Juni 2019 lalu dan diikuti oleh seluruh Hakim, karyawan-karyawati, baik itu dari pejabat hingga tenaga honorer.

Acara dimulai dengan dibuka secara resmi oleh Sekretaris PA Jayapura A.Rauf Ahmad, S.Ag. S.E. dengan membaca bismillahirrahmanirrahim. Pada rapat ini Wakil Ketua Pengadilan Agama Jayapura Ibu Dra. Farida Hanim, M.H., menyampaikan bahwa rapat ini dilaksanakan untuk mengevaluasi dan menyatukkan langkah kedepan agar Pengadilan Agama Jayapura dapat lebih maju kedepan, oleh karenanya semuanya memiliki tanggung jawab yang sama melangkah seiring dan sejalan bersama. Beberapa hal yang akan dibahas, khususnya mengenai kinerja Tahun 2019 selama 6 bulan belakangan ini yang perlu untuk dievaluasi.

Pertama, beliau memulai dengan evaluasi pelaksanaan tupoksi di bagian kepaniteraan. Anggaran untuk kegiatan kepaniteraan, yaitu Posbakum dan Prodeo dan realisasinya harus diketahui oleh Panitera karena setiap bulan harus dilaporkan, walaupun pencairannya dilaksanakan oleh kesekretariatan. Untuk Posbakum, agar setiap 3 bulan agar dilakukan evaluasi kinerja petugasnya karena yang menjadi permasalahan di PA Jayapura yaitu tenaga posbakum kurang cakap dalam melaksanakan tugas misalnya membantu para pihak dalam pembuatan surat gugatan masih harus dikoreksi oleh petugas meja 1 sehingga pelayanan menjadi lambat dan menambah volume tugas dari petugas meja 1.

Kedua, evaluasi pada disiplin dalam hal jam kerja kantor. Sebagaimana diketahui secara bersama bahwa Mahkamah Agung RI melalui peraturannya telah menetapkan jam kerja bagi pengadilan yang berada di seluruh Indonesia. Menurut beliau, permasalahan selama ini bukan terletak pada jam kerja masuk atau pulang. Namun yang sering menjadi bahan evaluasi yaitu ketika jam istirahat yang semestinya masuk lagi jam 13.00 sesuai dengan peraturan Mahkamah Agung. Namun yang terjadi masih ada saja pegawai yang melebihi batas waktu yang telah ditentukan tersebut. Beliau berharap kedepannya bisa lebih ditingkatkan lagi kedisiplinan dalam hal jam kerja, terutama saat jam istirahat. Agar diaktifkan kembali absen jam istirahat dan kembali dari istirahat, agar dapat dikontrol.

Dalam acara rapat ini Wakil Ketua PA Jayapura juga mengusulkan agar menambah program kerja diluar jam kerja yaitu kegiatan rutin pengajian setiap bulan agar mempererat rasa kekeluargaan antar keluarga besar PA Jayapura. Diakhir beliau berpesan kepada seluruh karyawan-karyawati untuk terus meningkatkan kinerja dan disiplin dengan baik. Sebab dengan meningkatkanya kinerja dan disiplin tentunya akan meningkat pula pelayanan yang diberikan Pengadilan Agama Jayapura kepada masyarakat sebagai para pencari keadilan yang patut dilayani dengan prima dan terbaik. (umm4dam)

Share Rapat Evaluasi Kinerja Pengadilan Agama Jayapura Tahun 2019 via
©2017 - 2020 pa-jayapura.go.id, All Rights Reserved