• Rabu, 19/06/2019

SIDAK KETUA PTA JAYAPURA DI PENGADILAN AGAMA JAYAPURA


Selasa, 02 April 2018, Tak disangka tepat pukul 10.00 wit Pengadilan Agama Jayapura Kelas 1B kedatangan tamu istimewa yaitu kunjungan yang pertama sejak awal tahun 2019 oleh Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura dalam rangka sidak terkait kedisiplinan, kinerja dan kondisi kantor Pengadilan Agama Jayapura Kelas 1B.

Dalam sidak kali ini Ketua PTA Jayapura menemukan beberapa hal antara lain :

  1. Tentang kedisiplinan dirasa cukup baik apa yang dilakukan oleh pegawai Pengadilan Agama Jayapura Kelas 1B, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam hal pemberian cuti tahunan, alasan penting maupun cuti sakit harus mengikuti ketentuan dan prosedur yang berlaku, serta bagaimana mengantisipasi terhadap tugas dan tanggungjawab yang ditinggalkan pegawai selama menjalankan cuti.
  2. Tentang kinerja terutamanya pengelolaan SIPP dari laporan yang ada masih ditemukan putusan-putusan 2016 dan 2017 belum terupload dan setelah melakukan klarifikasi terhadap Wakil ketua, Panitera serta admin ternyata ada kendala-kendala yang dihadapi dimana perkara-perkara yang sudah diputus tahun tersebut tidak terkompilasi dalam bank putusan. Putusan-putusan tersebut seharusnya ada di kepaniteraan dan paling tidak disimpan oleh Panmud Hukum. Kendala-kendala ini kiranya segera diatasi dan jika tidak mampu segera membuat laporan ke PTA Jayapura untuk dicarikan solusi dan jalan terbaik guna mengatasi masalah tersebut.
  3. Tentang kondisi kantor beliau mengapresiasi dimana sejak beliau datang pertama kali ke Pengadilan Agama Jayapura Kelas 1B pada akhir tahun 2018 sudah banyak perubahan tetapi tentu harus lebih bagus dan ditingkatkan lagi, namun hal ini juga disesuaikan dengan anggaran yang ada. Oleh sebab itu beliau berharap Ka. Sub. Bag. PTIP, Sekretaris dan bersama teman-teman dibawah pimpinan Wakil Ketua membuat perencanaan yang dibutuhkan secara logis untuk diusulkan ke PTA Jayapura dan PTA Jayapura akan menindaklanjuti usulan tersebut. Oleh sebab itu diperlukan kerjasama yang bagus dan analisis yang tajam sehingga semuanya bisa diakomodir dengan cara-cara yang baik dan logis.

Selain tiga temuan-temuan diatas beliau juga berhadap kedepan sesuai dengan kebijakan terbaru badilag yang merupakan program unggulan mulai dari SIPP, ZI, Kedisiplinan dan juga terkait PTSP harus menjadi konsen kita bersama guna menunjang pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan. Beliau juga mengingatkan tentang kewajiban terbaru sesuai surat yang telah dikeluarkan PTA Jayapura yang menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama bahwa pengadilan diwajibkan mengirimkan penilaian kinerja satuan kerja pertriwulan dan dikirim ke PTA Jayapura setiap awal triwulan berikutnya.

Dari sidak kali ini, dapat diambil kesimpulan bahwa kita harus meningkatkan kualitas kinerja, baik dalam memberikan pelayanan eksternal maupun pelayanan internal agar masyarakat pencari keadilan dapat dilayani dengan baik. (capun987)

Share SIDAK KETUA PTA JAYAPURA DI PENGADILAN AGAMA JAYAPURA via
©2017 - 2020 pa-jayapura.go.id, All Rights Reserved