1 | 2 | 3 | 4 | 5

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA JAYAPURA KELAS I. A || MEDIA INFORMASI DAN TRANSPARANSI PERADILAN

NO TIPS UNTUK JURU SITA

Hits: 17

NO TIPS UNTUK JURU SITA

Salahsatu tugas Jurusita  atau Jurusita Pengganti disebuah Pengadilan adalah menyampaikan surat undangan / panggilan (relaas) kepada para pihak yang berperkara untuk hadir di persidangan sesuai dengan hari, tanggal dan jam yang telah ditentukan.

Jurusita menjadi garda depan Pengadilan untuk suksesnya pelaksaan sidang yang telah ditentukan. Jika surat panggilan belum tersampaikan kepada para pihak yang berperkara di pengadilan, maka bisa dipastikan jadwal sidang yang sudah ditetapkan Hakim akan mengalami kendala teknis. Jurusita yang bersangkutan akan mendapat penilaian negatif, ditegor dan bahkan diberi sanksi peringatan lisan dan tertulis atau dibebas tugaskan dari jabatannya.

Perjalanan jauh, hujan dan panasnya terik matahari menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh seorang Jurusita ketika menyampaikan surat panggilan. Ketika Jurusita sampai di alamat para pihak yang dipanggil, ia harus menemuinya, menyampaikan surat panggilan dan minta para pihak untuk membubuhkan tandatangan. Tugas Jurusita masih belum selesai sampai disitu, surat panggilan harus dilaporkannya kepada hakim yang akan menyidangkan perkara tersebut sebelum hari sidang yang ditetapkan.

Jauhnya perjalanan, hujan dan panasnya terik matahari menjadi godaan bagi Jurusita, sehingga mengundang rasa belas kasihan dari para pihak yang berperkara untuk memberikan uang tips, minuman segar / hangat, jamuan makanan atau apapun yang ingin diberikan para pihak yang ditemuinya kepada Jurusita. Namun demikian, jurusita harus bersikap professional untuk tidak menerima pemberian berupa apapuan dari para pihak yang sedang berperkara, ini untuk menjaga sikap ketidak perpihakan, keadilan, memberlakukan persamaan hak dihadapan hukum dan menjaga integritasnya dalam menjalankan tugas.

Hubungi Kami

 Pengadilan Agama Jayapura Kelas I-A

 Jalan Raya Kotaraja, Abepura Kota Jayapura

       Provinsi Papua, Indonesia

 Telp: (0967) 581354

 Fax: (0967) 581354

 Email : pajypr@gmail.com / umum.pajayapura@gmail.com

 

Peta Lokasi