1 | 2 | 3 | 4

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA JAYAPURA KELAS I. A || MEDIA INFORMASI DAN TRANSPARANSI PERADILAN

PEMBINAAN DIRJEN BADILAG TERHADAP WARGA PERADILAN AGAMA PADA AWAL TAHUN 2021

Written by M.Huri on .

Written by M.Huri on . Hits: 8

PEMBINAAN DIRJEN BADILAG TERHADAP  WARGA PERADILAN AGAMA  

 PADA AWAL TAHUN 2021

 

Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama (Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H.) melalui Command Center Badilag, melakukan Pembinaan secara virtual dengan Pengadilan Tinggi Agama, Mahkamah Syariah serta Pengadilan Agama seluruh Indonesia (Jakarta, 8 Januari 2021). Kegiatan dimulai pada pukul 08.45 sampai 10.25 WIB. Kegiatan ini bertajuk Silaturhami Warga Peradilan Agama Seluruh Indonesia. Selain dihadiri oleh pejabat intern Badilag, kegiatan ini juga dihadiri oleh 2 Hakim Tinggi dari Badan Pengawasan MARI.

Dalam sambutannya, Dirjen Badilag menyampaikan evaluasi pelayanan kinerja Badilag, Pengadilan Agama dan Mahkamah Syari’ah di seluruh Indonesia, serta menamyampaikan strategi Kinerja di Tahun 2021. Dirjen Badilag juga memberikan apresiasi atas keberhasilan yang telah dicapai Badilag dan   Mahkamah Syar’iyah Aceh /Pengadilan Tinggi Agama serta Mahkamah Syar’iyah/Pengadilan  Agama seluruh Indonesia pada tahun 2020 sekaligus menghimbau agar prestasi Badilag dan Peradilan Agama Indonesia di Tahun 2021 terus ditingkatkan dalam mewujudkan inovasi-inovasi yang memberi inspirasi bagi Pengadilan lain sehingga menjadi Role Model bagi Pengadilan yang lain. Apresiasi ini diberikan Dirjen Badlag kepada pimpinan-pimpinan Mahkamah Syar’iyah/Pengadilan  Agama  yang telah memimpin dan mengorganisir satker yang dipimpin sehingga memperoleh prestasi yang membanggakan.

Pada tahun 2020, ada tantangan luar biasa yang harus dihadapi, yaitu Covid 19 yang mampu disikapi positif oleh warga Peradilan agama di Indonesia dengan melahirkan inovasi-inovasi baru dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan di Pengadilan Agama. Jika ada warga pengadilan Agama yang terkena covid 19, maka pimpinan satker  segera mengambil kebijakan lockdown di satkernya   dan melakukan penyemprotan desinfektan secara menyeluruh di kantor Pengadilan yang dipimpinnya.

Dirjen Badilag tersebut juga mengingatkan bahwa warga Pengadilan harus bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja ikhlas. Jangan kendor, jangan patah semangat, teruslah berinovasi dan memberi inspirasi bagi Pengadilan yang lain serta memberikan hasil karya terbaik kepada satker dan kepada masyarakat pencari keadilan.

Ditengah maraknya Pandemi covid-19 tidak menyurutkan Badilag untuk tetap memberikan pelayanan dan melakukan terobosan-terobosan yang luar biasa dengan melakukan kerjasama dengan Riyad, Negara Qatar, Arab Saudi, Iran dan Quwait untuk meningkatkan SDM Hakim agar menguasai sistem ekonomi syariah, selain itu juga  bekerja sama dengan AIPJ2 dan Family Court Australia dengan melaunching aplikasi gugatan mandiri pada tanggal 12 Januari 2020. Aplikasi ini bertujuan untuk mendorong masyarakat agar melek teknologi dan melek hukum serta mendorong masyarakat untuk mandiri dalam menyelesaikan problem hukum yang sedang dihadapinya. Melalui aplikasi ini, Badilag bertujuan untuk meringankan beban ekonomi masyarakat pencari keadilan sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya membuat sebuah gugatan / permohonan untuk menyelesaikan permasalahan hukum yang sedang dihadapinya.

Badilag juga melauncing aplikasi mengenai data kemiskinan di aplikasi TNP2K. melalui aplikasi yang sinkron dengan data dari Dinas Sosial terkait masyarakat yang kurang mampu,   yang hendak berperkara di Pengadilan Agama, cukup dengan menunjukkan KTP nya saja, untuk dicocokkan dengan data dari Dinas Sosial melalui aplikasi ini. Ketika yang bersangkutan terbukti masuk dalam data masyarakat yang kurang mampu, maka ia dapat berperkara di Pengadilan dengan cara prodeo dan tidak perlu melengkapi data keterangan tidak mampu dari Kelurahan maupun dari Kantor Distrik / Kecamatan.

Badan Peradilan Agama juga sudah menerapkan Zona Integritas dan menjadi satu-satunya eselon I di bawah Mahkamah Agung yang sudah mendapatkan WBK. Di tahun 2021 ini, Dirjen Badilag mengintruksikan kepada semua Pengadilan Agama di seluruh Indoensia baik di tingkat pertama maupun di tingkat Banding yang belum mendapat predikat WBK untuk meraih WBK di tahun 2021 ini. Dirjen Badilag ingin membawa Pengadilan Agama di Indonesia agar semakin maju,  

Badilag di tahun 2020 ini juga telah melakukan MoU dengan Dewan Syariah Nasional (DSN) untuk menyikapi fatwa DSN agar produknya segera tersosialisasi dan diterapkan oleh Hakim Pengadilan Agam se-Indonesia dalam memutus perkara-perkara ekonomi syariah di Pengadilan Agama.

Sebagai motor penggerak, Badilag mengintruksikan Pengadilan Agam seluruh Indonesia   untuk :

  1. Meningkatkan profesionalisme Aparatur Peradilan Agama.
  2. Mengembangkan SDM warga Peradilan Agama.
  3. Mewujudkan akuntabilitas & transparansi peradilan.
  4. Mewujudkan peradilan agama yang modern.
  5. Meningkatkan kemudahan akses dan kulaitas pelayanan bagi masyarakat di Pengadilan.
  6. Melakukan seleksi calon pimpinan melalui Fit & Proper test secara virtual.
  7. Melakukan promosi dan mutasi dengan menggacu pada rangking SIPP
  8. Pimpinan Pengadilan yang satkernya telah memperoleh WBK, akan dipromosikan secara otomatis.
  9. Meningkatkan dekorum ruang sidang dan kebersihan kantor seluruh Pengadilan Agama di Indonesia.
  10. Mempertahankan Akreditasi Penjaminan Mutu dan Zona Iintegritas (APM & ZI) di Badilag dan Pengadilan Agama seluruh Indonesia.

Hubungi Kami

 Pengadilan Agama Jayapura Kelas I-A

 Jalan Raya Kotaraja, Abepura Kota Jayapura

       Provinsi Papua, Indonesia

 Telp: (0967) 581354

 Fax: (0967) 581354

 Email : pajypr@gmail.com / umum.pajayapura@gmail.com

 

Peta Lokasi