1 | 2 | 3 | 4

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA JAYAPURA KELAS I. A || MEDIA INFORMASI DAN TRANSPARANSI PERADILAN

KETUA dan HAKIM PENGADILAN AGAMA JAYAPURA KELAS 1A MENGIKUTI SEMINAR ONLINE EFEKTIFITAS PRIBADI TAHUN 2021

Written by M. Huri on .

Written by M. Huri on . Hits: 17

KETUA dan HAKIM PENGADILAN AGAMA JAYAPURA KELAS 1A

MENGIKUTI  SEMINAR ONLINE EFEKTIFITAS PRIBADI TAHUN 2021

 

Jayapura.go.id. Menindaklanjuti surat Kepala Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI, Nomor 176/Bld/S/2/2021, tanggal 9 Februari 2021, tentang pemanggilan peserta seminar online efektifitas pribadi tahun 2021, mulai hari Senin, tanggal 15 Februari 2021 sd hari Rabu, 17 Februari 2021, Dra. Farida Hanim, M.H. (Ketua Pengadilan Agama Jayapura) dan Nur Muhammad Huri, S.HI. (Hakim Pengadilan Agama Jayapura) mengikuti Seminar dimaksud di tempat tugas.

Pelatihan online efektifitas pribadi dari tempat tugas pada Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI ini bekerjasama dengan Executive Learning Institute Prasetya Mulya, diikuti 114 peserta yang terbagi dalam 4 kelas, dengan jadwal pelatihan pagi pukul 08.00-11.00 WIB dan siang  pukul 13.00 sd 16.00 WIB.

Sebelum melaksanakan pelatihan, para peserta mengisi tes kepribadian MBTI (the Myers-Briggs Personality Test) yaitu tes kepribadian yang berisi pertanyaan-pertanyaan terhadap preferensi seseorang di empat dimensi berbeda dengan tujuan agar hasilnya benar-benar sesuai dengan gambaran pribadi peserta.

Dalam pembelajaran yang difasilitasi oleh ibu Wahyuningsih, pada hari pertama dengan materi “Membangun efektifitas diri”membahas tentang bagaimana cara memahami diri sendiri dan orang lain, mengeksplorasi diri sendiri serta mengenal tipe kepribadian sendiri.

Empat dimensi utama tersebut yakni Extraversion - Introversion, Sensing-iNtuition, Thinnking- Feeling dan Judging-Perceiving, kedua sifat dari setiap dimensi digunakan oleh setiap orang, namun biasanya salah satu lebih dominan dan lebih berkembang.

Materi hari kedua tentang kepemimpinan diri sendiri yang mampu membangun ketahanan pribadi. Dalam ulasannya pemateri menyampaikan bahwa kemampuan mengelola tipe kepribadian yang dimiliki dan memahami tipe-tipe kepribadian orang lain dengan mengkombimbinasikan serta mengkolaborasikan energizers yang dimiliki akan meminimalisasi terjadinya stressors.

Dan pada hari ketiga pemateri menyampaikan tentang bagaimana cara membangun efektifitas pribadi dengan melakukan pemetaan terhadap tipe-tipe kepribadian atasan dan bawahan, hal mana dengan cara tersebut akan ditemukan passion serta hal-hal yang tidak dikehendaki oleh anggota tim sehingga memudahkan bagi ketua tim untuk menginventarisasi strength (kekuatan) dan wakness (kelemahan) anggota timnya.

Kegiatan ditutup dengan mengisi post test dan menulis learning insight yang signifikan yang dapat mengubah atau melengkapi cara berpikir dalam kinerja peserta.

Ketua Pengadilan Agama Jayapura menyampaikan tim yang solid bukanlah tim yang selalu mempunyai mind set dan culture set yang sama, melainkan tim yang mempunyai mind set dan culture set berbeda namun mampu berdamai dan mampu belajar menerima, menghargai serta merayakan perbedaan yang selanjutnya dijadikan sebuah kekuatan untuk mewujudkan visi dan misi yang hendak dicapaioleh satker.

Hubungi Kami

 Pengadilan Agama Jayapura Kelas I-A

 Jalan Raya Kotaraja, Abepura Kota Jayapura

       Provinsi Papua, Indonesia

 Telp: (0967) 581354

 Fax: (0967) 581354

 Email : pajypr@gmail.com / umum.pajayapura@gmail.com

 

Peta Lokasi