1 | 2 | 3 | 4

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA JAYAPURA KELAS IA || HATI-HATI TERHADAP TINDAKAN PENIPUAN YANG MENGATASNAMAKAN PIMPINAN, PEJABAT DAN PEGAWAI PENGADILAN AGAMA JAYAPURA KELAS IA TERKAIT PROSES PERKARA DENGAN PERMINTAAN IMBALAN SEJUMLAH UANG || WUJUDKAN PERADILAN AGAMA YANG PRIMA (PROFESIONAL, RAMAH, INFORMATIF, MELAYANI DAN AKUNTABEL)

PIAGAM MADINAH (MEDIANA CHARTER) DAN HAM, Oleh : Nur Muhammad Huri, S.HI.

Written by N. M. Huri.

Written by N. M. Huri. Hits: 46

PIAGAM MADINAH (MEDIANA CHARTER) DAN HAM
Oleh : Nur Muhammad Huri

A. Latar Belakang

Ketika Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah, beliau memimpikan suatu tatanan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera. Dari cita-cita luhur tersebut kemudian lahir sebuah dokumen yang disebut sebagai Mitsaq al-Madinah yang kemudian dikenal nama Piagam Madinah. Piagam tersebut kemudian dijadikan dasar hukum bagi kehidupan bermasyarakat di Madinah. Ahli hukum Islam Inggris berdarah India, Muhammad Hamidullah bahkan menyebut Piagam Madinah sebagai konstitusi demokratis modern pertama di dunia.

Diskusi seputar Piagam Madinah (Mediana Charter) dan HAM, maka tidak bisa dilepaskan dari sejarah dan nilai-nilai yang mendasarinya. Bagaimana sejarah lahirnya Piagam Madinah itu sendiri, apa prinsip dasar HAM dan ruang lingkupnya serta bagaimana tinjauan terhadap Piagam Madinah dalam perspekif HAM. Dari 3 pembahasan tersebut Penulis akan membahas tema ini.

 

Selengkapnya Download Disini...

Hubungi Kami

  Pengadilan Agama Jayapura Kelas I-A

  Jalan Raya Kotaraja, Abepura

       Kota Jayapura, Provinsi Papua

       Indonesia

  Telp: (0967) 581354

  Fax: (0967) 581354

  umum.pajayapura@gmail.com

  Pengadilan Agama Jayapura

   pajayapura

  Pengadilan Agama Jayapura

Peta Lokasi

cctv linglung