1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA JAYAPURA KELAS I. A || MEDIA INFORMASI DAN TRANSPARANSI PERADILAN

Prosedur Eksekusi

Hits: 32

Prosedur Eksekusi

 

Eksekusi Putusan

  1. Apabila pihak yang dikalahkan tidak mau melaksanakan isi putusan secara suka rela, maka pihak yang menang dapat mengajukan permohonan eksekusi kepada Pengadilan Agama yang memutus perkara, ditandai dengan membayar panjar biaya permohonan Eksekusi.

 

  1. Asas Eksekusi
    1. Putusan telah berkekuatan hukum tetap, kecuali putusan serta merta, putusan provisi dan eksekusi berdasarkan groze akte (Pasal 191 RBg / Pasal 180 HIR dan Pasal 250 RBg / Pasal 224 HIR ).
    2. Putusan tidak dijalankan secara sukarela.
    3. Putusan mengandung amar condemnatoir (menghukum).
    4. Eksekusi dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama dan dilaksanakan oleh Panitera.

 

  1. Eksekusi terdiri dari 2 (dua) jenis, yaitu :
    1. Eksekusi riil dapat berupa pengosongan, penyerahan, pembagian, pembongkaran, berbuat sesuatu atau tidak berbuat sesuatu dan memerintahkan atau menghentikan sesuatu perbuatan (Pasal 218 ayat (2) RBg / Pasal 200 ayat (11) HIR / Pasal 1033 Rv).
    2. Eksekusi pembayaran sejumlah uang (executie verkoof) dilakukan melalui mekanisme lelang (Pasal 208 RBg / Pasal 196 HIR).

 

  1. Prosedur Eksekusi
    1. Pemohon mengajukan permohonan eksekusi dan mekanismenya sebagaimana diatur dalam pola bindalmin dan peraturan terkait.
    2. Ketua Pengadilan Agama menerbitkan penetapan untuk aanmaning, yang berisi perintah kepada Jurusita supaya memanggil Termohon eksekusi hadir pada sidang aanmaning.
    3. Jurusita/Jurusita Pengganti memanggil Termohon eksekusi.
    4. Ketua Pengadilan Agama melaksanakan aanmaning dengan sidang insidentil yang dihadiri oleh Ketua, Panitera dan Termohon eksekusi. Dalam sidang aanmaning tersebut : (Selengkapnya klik disini)

 

Hubungi Kami

 Pengadilan Agama Jayapura Kelas I-A

 Jalan Raya Kotaraja, Abepura Kota Jayapura

       Provinsi Papua, Indonesia

 Telp: (0967) 581354

 Fax: (0967) 581354

 Email : pajypr@gmail.com / umum.pajayapura@gmail.com

 

Peta Lokasi