1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA JAYAPURA KELAS IA || HATI-HATI TERHADAP TINDAKAN PENIPUAN YANG MENGATASNAMAKAN PIMPINAN, PEJABAT DAN PEGAWAI PENGADILAN AGAMA JAYAPURA KELAS IA TERKAIT PROSES PERKARA DENGAN PERMINTAAN IMBALAN SEJUMLAH UANG || WUJUDKAN PERADILAN AGAMA YANG PRIMA (PROFESIONAL, RAMAH, INFORMATIF, MELAYANI DAN AKUNTABEL)

SOSIALISASI PELAYANAN PADA PENGADILAN AGAMA JAYAPURA KELAS 1A

Written by N. M. Huri.

Written by N. M. Huri. Hits: 13

SOSIALISASI PELAYANAN

PADA PENGADILAN AGAMA JAYAPURA KELAS 1A

Jayapura.go.id. Dalam rangka meningkatkan sinergi antara Pengadilan Agama Jayapura dan para advokat di kota Jayapura, pada hari Jumat, tanggal 27 Agustus 2021, diadakan sosialisasi tentang pelayanan dengan tema sosialisasi : Kebijakan Dan Regulasi Mahkamah Agung Yang Bersinggungan Langsung Dengan Tugas Advokat Saat Beracara Di Pengadilan Agama”.

Kegiatan tersebut diikuti 15 Advokat yang beralamat kantor di wilayah Kota Jayapura dan beracara di Pengadilan Agama Jayapura.

Dra. Farida Hanim, M.H. (Ketua Pengadilan Agama Jayapura) selaku narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan hal-hal penting terkait kebijakan dan regulasi yang diterbitkan oleh Mahkamah Agung melalui PERMA dan SEMA terkait pelayanan di Pengadilan dan hasil Rumusan Kamar Agama dalam SEMA diantaranya terkait hukum formil dan materiil seputar Isbat Nikah, Kewarisan, Dispensasi Nikah, Surat Ijin Cerai dan Surat Keterangan dari atasan dalam perkara Cerai bagi yang pihak PNS / Anggota TNI / Anggota Polri, berperkara melalui e-court dan e-litigasi.

Dra. Farida Hanim, M.H., juga menyampaikan bahwasannya Profesi aparatur Pengadilan dan Advokat adalah sama, yaitu sebagai penegak hukum. Oleh karenanya, perlu dibangun sinergitas dan kerjasama diantara keduanya. Jika terdapat permasalahan, atau ada saran/kritikan yang sifatnya konstruktif, dipersilahkan untuk menyampaikan keluhannya, sehingga timbulnya permasalahan diantara keduanya dapat segera dicarikan solusinya untuk kepentingan pelayanan terbaik bagi para pencari keadilan.

Salah satu bentuk komunikasi diluar sidang yang dapat dilakukan adalah dengan cara menggelar pertemuan bersama untuk saling take and give hal-hal positif yang bersifat membangun serta tidak bertentangan dengan kode etik profesi masing-masing diantarnya melalui sosialisasi peraturan atau kebijakan baru yang berkaitan dengan mekanisme penegakkan hukum yang melibatkan keduanya dalam menjalankan tugas masing-masing.

Selanjutnya, H. Zainuri sebagi salah satu peserta dalam kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini dan memberi masukan tentang perlunya lahan parkir yang memadai, minimal dibuatkan tanda parkir sidang bagi kendaaarn roda empat yang tidak dapat parkir dihalaman kantor, dan  informasi ketersediaan bantuan berupa perkara prodeo bagi para pihak yang tidak mampu / miskin.

Hubungi Kami

  Pengadilan Agama Jayapura Kelas I-A

  Jalan Raya Kotaraja, Abepura

       Kota Jayapura, Provinsi Papua

       Indonesia

  Telp: (0967) 581354

  Fax: (0967) 581354

  umum.pajayapura@gmail.com

  Pengadilan Agama Jayapura

   pajayapura

  Pengadilan Agama Jayapura

Peta Lokasi

cctv linglung