1 | 2 | 3 | 4

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA JAYAPURA KELAS IA || HATI-HATI TERHADAP TINDAKAN PENIPUAN YANG MENGATASNAMAKAN PIMPINAN, PEJABAT DAN PEGAWAI PENGADILAN AGAMA JAYAPURA KELAS IA TERKAIT PROSES PERKARA DENGAN PERMINTAAN IMBALAN SEJUMLAH UANG || WUJUDKAN PERADILAN AGAMA YANG PRIMA (PROFESIONAL, RAMAH, INFORMATIF, MELAYANI DAN AKUNTABEL)

PENGADILAN AGAMA JAYAPURA MENGIKUTI KEGIATAN RAPAT KOORDINASI IT MAHKAMAH AGUNG TAHUN 2021

Written by dkn.

Written by dkn. Hits: 20

PENGADILAN AGAMA JAYAPURA MENGIKUTI KEGIATAN

RAPAT KOORDINASI IT MAHKAMAH AGUNG TAHUN 2021

CPNS Pranata Komputer Ahli Pertama Pengadilan Agama Jayapura, Daru Kartiko Novianto, S.Kom., mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi IT yang diselenggarakan oleh Mahkamah Agung RI di Hotel Aryaduta Menteng, Jakarta Pusat pada tanggal 26 – 28 Desember 2021. Kegiatan rapat koordinasi IT kali ini mengusung tema "Memantapkan Kemandirian Badan Peradilan melalui Pelayanan Hukum Berbasis Teknologi Informasi pada Masa Pandemi".

Kegiatan rapat koordinasi dibuka secara resmi oleh Sekretaris Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H. Hasbi Hasan S.H, M.H. Dalam sambutannya, Sekretaris Mahkamah Agung RI menyatakan bahwa perkembangan pelayanan Mahkamah Agung sangat luar biasa, banyak perubahan dan inovasi yang sudah dilakukan. Mahkamah Agung RI sudah melakukan reformasi besar-besaran dengan memanfaatkan teknologi informasi pada semua lini administrasi dan pelayanan. Aplikasi e-BIMA dan Aplikasi e-SADEWA yang baru saja dilaunching oleh YM Ketua Mahkamah Agung nantinya akan menghasilkan sebuah big data barang / jasa pemerintah pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada di bawahnya.

Hadir pula pada acara kali ini Kepala Biro Perlengkapan Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI, Rosfiana, S,H., M.H., Kepala Biro Keuangan Badan Urusan Administrasi Agung RI H. Sahwan, S.H., M.H. dan Kepala Biro Hukum dan Humas Badan Urusan Administrasi  Mahkamah Agung RI Dr. H. Sobandi, S.H., M.H..

Kepala Biro Hukum dan Humas, Dr. H. Sobandi, S.H.,M.H selaku Ketua Kegiatan Rapat Koordinasi IT menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk menjalin koordinasi yang baik dengan para personil IT yang berada pada Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan di bawahnya. Semoga kedepannya seluruh unsur pimpinan dan pegawai pada Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan di bawahnya dapat memfokuskan perhatiannya pada  permasalahan dan ancaman-ancaman yang mungkin terjadi, karena tidak dapat dipungkiri penerapan teknologi informasi yang kian masif sangat rawan akan adanya ancaman tidak hanya dari wilayah internal tetapi juga dari wilayah eksternal.

Kegiatan Rapat Koordinasi IT pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya  mengundang Narasumber profesional yang menyampaikan materi terkait Digital Forensik oleh Teguh Arifiyadi, S.H., M.H. (Ketua Umum Indonesia Cyber Law Community), Layanan Infrastruktur di Era Pandemi serta Security Awareness oleh Teguh Purnomo, S.Kom. (Education Manager at Sciencom Training Center) dan Diseminasi Informasi Web Defacement  di Lingkungan Mahkamah Agung RI oleh Yoyok Darmanto, S.ST.TP. (Senior Cyber Security Analyst pada Badan Siber dan Sandi Negara / BSSN) dengan di dampingi oleh moderator Rizkiansyah, S.H., LL.M. yang saat ini juga bertugas sebagai hakim di Pengadilan Negeri Sekayu, Sumatera Selatan.

Salah satu Narasumber, Teguh Arifiyadi menyampaikan harapannya untuk IT Mahkamah Agung RI kedepannya bukan lagi sebagai "Supporting Unit", akan tetapi bisa menjadi "Backbone" untuk Lembaga Mahkamah Agung pada masa mendatang.

Hubungi Kami

  Pengadilan Agama Jayapura Kelas I-A

  Jalan Raya Kotaraja, Abepura

       Kota Jayapura, Provinsi Papua

       Indonesia

  Telp: (0967) 581354

  Fax: (0967) 581354

  umum.pajayapura@gmail.com

  Pengadilan Agama Jayapura

   pajayapura

  Pengadilan Agama Jayapura

Peta Lokasi

cctv linglung