1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA JAYAPURA KELAS IA || HATI-HATI TERHADAP TINDAKAN PENIPUAN YANG MENGATASNAMAKAN PIMPINAN, PEJABAT DAN PEGAWAI PENGADILAN AGAMA JAYAPURA KELAS IA TERKAIT PROSES PERKARA DENGAN PERMINTAAN IMBALAN SEJUMLAH UANG || WUJUDKAN PERADILAN AGAMA YANG PRIMA (PROFESIONAL, RAMAH, INFORMATIF, MELAYANI DAN AKUNTABEL)

MAHASISWA IAIN FATTAHUL MULK PAPUA LAKSANAKAN PRAKTEK PERADILAN SEMU PADA PENGADILAN AGAMA JAYAPURA

on .

on . Hits: 105

MAHASISWA IAIN FATTAHUL MULK PAPUA LAKSANAKAN PRAKTEK PERADILAN SEMU PADA PENGADILAN AGAMA JAYAPURA

Mahasiswa IAIN Fattahul Mulk Papua Fakultas Syariah Prodi Hukum Keluarga Islam melakukan praktek sidang semu di ruang sidang Cakra Pengadilan Agama Jayapura (Senin, 28 Novmeber 2022) dan dibimbing langsung oleh Nur Muhamad Huri, S.HI., salah satu Hakim Pengadilan Agama Jayapura.

Keempat mahasiswa tersebut adalah: 1. Adnan, NIM 019211001, 2. Sulha, NIM 019211023, 3. Ilmi Amalia Maharani, NIM 019211009 dan 4. M. Zulkifli Islami, NIM 019221008, 4 mahasiswa tersebut melaksanakan Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Kantor Pengadilan Agama Jayapura Kelas IA terhitung mulai tanggal 28 September 2022 s.d 28 November 2022 (selama 1 bulan / 30 hari). Praktek sidang semu yang dipilih adalah perkara cerai gugat dan permohonan dispensasi kawin.

Untuk praktek sidang yang dipilih adalah perkara cerai gugat yang dilakukan dua kali sidang, tanpa hadirnya pihak Tergugat, sedangkan untuk praktek sidang perkara permohonan yang di[ilih adalah perkara dispensasi kawin yang dilakukan sekali sidang.

Nur Muhammad Huri saat ditemui di ruang kerjanya (28/11/2022) menyampaikan bahwa praktek sidang semu yang dipilih adalah 1 praktek sidang perkara gugatan (contentious) dan 1 perkara permohonan (voluntair) yang pemeriksaannya dilakukan sederhana dan simpel.

Praktek sidang semu tersebut dilakukan untuk mengenalkan susunan persidangan dan proses pemeriksaan perkara perdata di lingkungan peradilan agama agar mahasiswa yang magang mendapatkan pengetahuan dan pengalaman secara langsung. Harapannya, kelak diantara mereka setelah lulus atau wisuda dapat berkiprah di dunia hukum sebagai penegak hukum seperti hakim, panitera atau pengacara yang professional dan adil di masa yang akan datang.

 

Hubungi Kami

  Pengadilan Agama Jayapura Kelas I-A

  Jalan Raya Kotaraja, Abepura

       Kota Jayapura, Provinsi Papua

       Indonesia

  Telp: (0967) 581354

  Fax: (0967) 581354

  umum.pajayapura@gmail.com

  Pengadilan Agama Jayapura

   pajayapura

  Pengadilan Agama Jayapura

Peta Lokasi

cctv linglung